Mourinho Bicara tentang Pemain Muda Era Ini, Membandingkannya dengan Lampard Dulu

.
Manchester - Jose Mourinho bicara soal bagaimana sepakbola bergerak cepat, bagaimana dia harus beradaptasi dengan para pemain muda saat ini yang disebutnya anak-anak nakal.

Mourinho sudah berkarier sebagai pelatih sejak tahun 2000 silam. Selama 17 tahun perjalanannya, pria Portugal itu jelas sudah merasakan berbagai perubahan di dunia sepakbola.

Salah satu yang disebutnya sudah amat berbeda adalah bagaimana sikap para pemain muda era sekarang dengan di awal 2000-an. Pria yang kini menangani Manchester United itu masih ingat betul, bagaimana dulu berhadapan dengan Frank Lampard muda di Chelsea ketika pertama bertemu di 2004.

Di usia 23 tahun, Lampard disebutnya sudah bersikap layaknya pria matang dan amat profesional. Berbeda dengan pemain-pemain muda kini yang dinilainya cenderung bergajulan.

"Saya sempat harus beradaptasi dengan dunia baru. Dengan seperti apa para pemain muda sekarang ini," kata Mourinho kepada France Football.

"Saya saat itu harus memahami perbedaan antara bekerja dengan anak seperti Frank Lampard, yang di usia 23 tahun sudah menjadi pria, yang memikirkan sepakbola, bekerja, profesionalisme, dan dengan anak-anak baru yang di usia 23 tahun masih bocah."

"Sekarang ini saya memanggil mereka 'bocah' bukan 'pria'. Karena saya rasa bahwa mereka adalah anak-anak nakal dan semua yang melingkupi mereka tidak membantu mereka dalam kehidupan mereka juga di pekerjaan saya."

"Saya harus menyesuaikan dengan itu semua. 10 tahun lalu, tidak ada pemain punya telepon genggam di ruang ganti. Itu bukan lagi yang terjadi. Tapi Anda harus menerimanya, karena kalau menentangnya, Anda mendatangkan konflik dan menempatkan diri Anda di zaman batu," imbuhnya dikutip Standard. 

Sumber: Detik

Subscribe to receive free email updates: