Indo Barometer: 57,8% Publik Ingin Jokowi Lanjut ke Periode Kedua

.
Jakarta - Berdasarkan hasil survei Indo Barometer, kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo cukup tinggi. Hasil survei juga menunjukkan keinginan publik yang terbilang cukup besar agar Jokowi kembali menjadi presiden pada periode berikutnya.

"Sebagian besar publik masih menginginkan Jokowi untuk menjabat kembali sebagai presiden periode 2019-2024," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari dalam rilis hasil survei di Hotel Sahid, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (22/3/2017).

Hasil tersebut adalah perolehan dari survei 'Evaluasi Publik Dua Setengah Tahun Pemerintahan Jokowi-JK' yang dilakukan Indo Barometer di 34 provinsi pada 4-14 Maret 2017. Dengan jumlah responden 1.200 orang, margin of error pada survei tersebut kurang-lebih 3,0%.


Responden yang menginginkan agar Jokowi kembali menjadi presiden untuk periode berikutnya sebanyak 57,8%. Sedangkan publik yang tak menginginkan Jokowi kembali menjadi presiden sebesar 26,7%, dan yang tidak tahu/tidak menjawab ada di angka 15,5%.

Selain Jokowi, survei ini mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Wakil Presiden Jusuf Kalla. Meski di bawah angka Jokowi, publik diketahui cukup puas terhadap kinerja JK. Namun bukan berarti publik setuju apabila JK mencalonkan diri sebagai capres dalam Pilpres 2019.

"Dukungan publik terhadap Jusuf Kalla jika mencalonkan diri sebagai presiden pada periode 2019-2024 hanya sebesar 11,5%. Publik yang tidak akan memilihnya sebesar 59,6%, yang menjawab tidak tahu/tidak menjawab sebesar 29%," Qodari menuturkan.

Tingkat kepuasan publik atas kinerja Jokowi pada survei ini sebesar 66,4%. Sedangkan terhadap JK sebesar 57,8%. Mayoritas publik juga merasa negara saat ini bergerak ke arah yang benar dengan perolehan angka 82%.

Bukan hanya karena kinerja, tapi juga ada sejumlah alasan lain yang menyebabkan sebagian besar publik menginginkan Jokowi kembali menjadi presiden. Indo Barometer mencoba mengukurnya.

Berikut ini alasan-alasan yang membuat publik ingin Jokowi menjadi presiden lagi:

1. Dekat dengan rakyat
2. Terbukti kinerjanya
3. Berjiwa sosial dan baik
4. Membawa perubahan
5. Jujur
6. Terkenal
7. Pekerja keras

"Nah kita sudah adakan survei. Kalau banyak nama itu elektabilitas paling tinggi itu Pak Jokowi," kata Qodari. 


Sumber: Detik

Subscribe to receive free email updates: