Apple Buat Aplikasi Mirip Snapchat

.
Popularitas aplikasi pesan video seperti Snapchat dan Instagram banyak perusahaan lain terinspirasi membuat aplikasi serupa. Seperti Apple saat memperkenalkan Clips, aplikasi pesan video buatan mereka sendiri untuk iPhone dan iPad.

Clips merupakan aplikasi yang membantu pengguna iPhone dan iPod membuat video seperti halnya fitur Stories di Snapchat dan Instagram. Namun Clips tampil sedikit berbeda dengan menggabungkan konten foto atau video dengan musik.

Video yang dihasilkan melalui Clips dapat segera diunggah ke beragam media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, atau Vimeo. Selain tadi video Clips juga bisa dibagikan aplikasi Messages yang ada di iOS 10.

"Clips menawarkan cara baru ke pengguna iPhone dan iPad untuk mengekspresikan dirinya lewat video, dan sangat mudah digunakan," ucap Susan Prescott, wakil presiden Apple untuk Apps Product Marketing dalam blog resmi mereka, Selasa (21/3).

Langkah ini dinilai untuk memaksimalkan aplikasi iMessage yang mengalami perombakan drastis di iOS 10.

Hal ini diperkuat oleh basis pengguna iMessage yang cukup besar. Mengutip dari Reuters, setidaknya kini ada satu miliar perangkat dengan iOS yang beredar di pasar dan 79 persen di antaranya sudah iOS 10.

Apple juga mengklaim iMessage merupakan aplikasi paling umum digunakan di perangkat iOS, dengan perkiraan 800 juta pengguna.

Dengan perhitungan demikian, Apple punya potensi besar bersaing dengan Snapchat yang punya 161 juta pengguna aktif harian atau Facebook Messengeer yang digunakan lebih 1 miliar orang di seluruh dunia.

Salah satu fitur andalan yang ditawarkan di aplikasi Clips adalah Live Titles. Berbeda dengan Live Stories di Instagram, fitur ini memadukan foto dengan sekumpulan teks yang diterjemahkan dari rekaman suara. Alhasil tak pengguna Clips tak perlu mengetik caption di keyboard iPhone mereka.

Selain Live Titles, fitur di Clips kurang lebih serupa dengan Snapchat atau Instagram. 

Apple menegaskan fitur ini baru bisa diperoleh oleh pengguna iOS 10 pada April nanti.

Sumber: CNN 

Subscribe to receive free email updates: